Daftar Isi

Sunday, September 2, 2018

Kisah Lahirnya Andhakasura

SIWA PURANA


Kisah Lahirnya Andhakasura


Suatu hari Siwa sedang duduk di Gunung Mandara. Parwati muncul dari belakang, sehingga Siwa tidak bisa melihatnya. Parwati kemudian menutup mata Siwa dengan kedua tangannya dari belakang. Siwa tidak bisa melihat dan semuanya tampak gelap baginya. Tangan Parwati berkeringat saat itu dan keringatnya jatuh ke tanah. Dari keringat ini, makhluk yang gelap lahir dan mulai mengaum.

“Parwati, apa yang Anda rencanakan? Pertama, Anda menutup mata saya sehingga saya tidak bisa melihat. Selanjutnya, Anda mengaum untuk menakut-nakuti saya”, kata Siwa.

“Bukan saya. Coba tebak. Saya ingin tahu dari mana makhluk ini berasal”, jawab Parwati.

Parwati melepaskan tangannya dan Siwa melihat sesosok makhluk di depan mereka. “Dia adalah putra kita. Dia telah lahir dari keringatmu ketika kamu menutupi mataku. Karena dia lahir ketika mata saya dalam kegelapan, maka biarlah dia disebut Andhaka”, kata Siwa.

Andhaka lahir buta, karena Siwa tidak bisa melihat ketika Andhaka lahir.

Ada seorang asura bernama Hiranyanetra. (Dalam Purana lain, asura yang ini disebut sebagai Hiranyaksha.) Hiranyanetra tidak memiliki anak laki-laki. Karena itu ia mulai berdoa kepada Siwa agar ia dapat memiliki seorang putra. Siwa mengatakan pada Hiranyanetra bahwa mustahil baginya untuk memiliki seorang putra. Namun, jika dia menginginkannya, dia dapat memiliki Andhaka (putra Siwa dan Parwati) dan membawanya sebagai putranya sendiri.

Hiranyanetra dengan senang hati menyetujui hal ini.


No comments:

Post a Comment

Wamana Awatara (Bentuk Inkarnasi Kurcaci)

Purana Agni Purana Kitab Suci Agama Hindu Wamana Awatara (Bentuk Inkarnasi Kurcaci) Prahlada memiliki cucu yang sangat kuat bernama Vali. Sa...