Daftar Isi

Wednesday, November 7, 2018

Yajnawalka

WISNU PURANA

Yajnawalka

Sekali waktu, para rsi terkenal memutuskan bahwa mereka akan mengadakan pertemuan. Mereka juga mengutuk bahwa siapa pun yang tidak datang ke pertemuan ini, setelah tujuh hari dia akan melakukan kejahatan membunuh seorang brahmana. Semua orang bijak datang ke pertemuan ini, tetapi waishampayana tidak. Setelah tujuh hari, waishampayana menginjak keponakannya dan membunuhnya secara tidak sengaja. Ini adalah dosa besar dan harus ditebus.

Waishampayna membagi Yajur weda menjadi dua puluh tujuh bagian dan membagikan bagian-bagian ini di antara banyak murid. Salah satu murid ini adalah Yajnawalka. Waishampayana memanggil murid-muridnya bersama dan berkata, “Saya telah melakukan kejahatan membunuh seorang brahmana. Silakan mengatur pengorbanan sehingga saya bisa menebus dosa ini. "

Mendengar kata-kata ini Yajnawalka berkata, “Tidak perlu merepotkan  murid lain. Mereka tidak memiliki banyak kekuatan. Saya akan mengatur pengorbanan itu sendiri. "
Hal ini membuat Waishampayana marah. "Anda telah menghina murid-murid lain, Yajnawalka," katanya. “Kembalikan kepada saya, apa yang telah saya ajarkan kepada Anda. Aku tidak membutuhkan murid sepertimu lagi. ”

Yajnawalka menjawab, "Saya mengatakan apa yang saya lakukan karena saya menghormati Anda. Tapi karena Anda salah paham, aku juga tidak membutuhkan seorang guru sepertimu lagi. Inilah yang saya pelajari. Saya mengembalikannya sekarang. ”

Yajnawalka kemudian memuntahkan Yajur weda dan ilmu disiplin lain memakannya dalam bentuk burung. Itu sebabnya cabang dari Yajur weda ini disebut Taittiriya berasal dari nama burung Tittira.

Tetapi Yajnawalka masih ingin mempelajari Yajur weda. Jadi dia mulai berdoa kepada dewa matahari. Dewa Matahari akhirnya menampakkan dirinya dalam bentuk seekor kuda dan mengajarinya cabang-cabang Yajur weda yang bahkan tidak diketahui oleh waishampayana.


No comments:

Post a Comment

Wamana Awatara (Bentuk Inkarnasi Kurcaci)

Purana Agni Purana Kitab Suci Agama Hindu Wamana Awatara (Bentuk Inkarnasi Kurcaci) Prahlada memiliki cucu yang sangat kuat bernama Vali. Sa...